Flash disk dgn Harga Termurah!!!
MMC dgn Harga Termurah!!!

Jumat, 25 April 2008

Koneksi Internet di PC dgn Modem Ponsel ; BlueTooth


Memanfaatkan ponsel sebagai modem dapat sangat praktis manakala kita membutuhkan koneksi sementara tidak ada jalan lain (koneksi internet via WIFI, warnet atau telepon tetap) selain memanfaatkan kanal GPRS ponsel untuk keperluan berkirim data, browsing, check email, chat dan sebagainya.

Tentu saja ponsel masa kini umumnya telah dimuati kemapuan untuk browsing, chat atau menerima/mengirim email langsung dari ponsel tersebut. Akan tetapi karena umumnya ukuran layarnya yang kecil maka terkadang kita tetap membutuhkan desktop PC atau Laptop utk mempermudah dan menyamankan pekerjaan kita.
Dalam contoh ini koneksi mengunakan mobilequ unlimited (quasar net, xl unlimited), ponsel Nokia 6260 (atau ponsel lain berkoneksi bluetooth), Bluetooth adapter (ITECH), serta window xp pada PC.

Untuk memastikan lancarnya koneksi internet ada empat hal pokok yang harus dipenuhi untuk terjadinya koneksi. Pertama, SIM Card yang digunakan telah di-aktifkan GPRS-nya. Kedua, pengaturan (settings) GPRS dan pengaturan koneksi (connection setting) di ponsel sudah benar. Ketiga, Tersedianya perangkat koneksi antara ponsel dan PC, misalnya bluetooth, kabel data atau Adapter Infra Merah (IrDA). Keempat: pengaturan (settings) koneksi di PC sudah benar.

Berikut rincian langkah-langkah:

1. Pastikan GPRS ponsel telah aktif (aktivasi secara manual, OTA atau hubungi operator ybs)

2. Setting pada ponsel NOKIA 6260: Menu - Setting - connection
Conection name: mobilequ (atau silahkan beri nama sembarang)
Data bearer : GPRS
APN : mobilequ
user name :quasar@mobilequ.xl
prompt pasword : no
pasword : quasar
Authentication : Normal
Homepage: http://www.quasar.co.id

Options-;Advance settings:
Phone IP address: Automatic
Primary name server: 0.0.0.0
Second. name server : 0.0.0.0
Proxy serv. address: none
proxy port number : 8080

Coba aktifkan browser di ponsel untuk menguji apakah layanan GPRS telah tersedia (aktif) dengan cara : masuk ke browser Web: Web - Options - settings-; pilih connection name/access point menjadi mobilequ (atau sesuai nama koneksi yg anda buat)
, coba buka bookmark atau situs quasar, bila berhasil berarti pengaturan di ponsel telah benar.

3. Pastikan Perangkat Koneksi Ponsel ke PC tersedia dan aktif (dalam hal ini Bluetooth telah diaktifkan). Lalu koneksikan dengan Ponsel (untuk pertama kali biasanya anda akan diminta untuk melakukan pairing antara ponsel dan PC dan diminta memasukkan PIN baik di ponsel maupun PC). Coba untuk melakukan pengiriman/transfer data antara PC dan ponsel, misalnya mengirimkan gambar dsb, bila berhasil berarti koneksi kedua alat lancar (tidak bermasalah).

4. Pengaturan di PC:
Control Panel-;Phone&Modem Option-;Tab Modem-;pilih modem yang bersangkutan (misalnya Satandar Modem Over IR link #2 Com 8)-;klik Properties-;Tab Advance di Extra Setting, lalu isikan : ATT+CGDCONT=1,"IP"," "-;lalu OK Karena dlm contoh menggunakan mobilequ maka gantikan "IP" dengan "mobilequ".

5. Buat Dialer di PC
Dari Menu Start->Setting->Network connection->New Connection wizard->next->connect to the internet->;set up my connection manually->next->;connect using dial up ->select a device (centang pada modem yang bersangkutan->misalnya COM 8)->next-;ISP Name, isikan nama sembarang, misalnya Quasar ->Phone number: *999***1#-;user name: quasar@mobilequ.xl, pasword: quasar-;confirm pasword : isikan sama dgn pasword (quasar)-;next- ;centang add shortcut to this connection to my desktop-;Finish

4. Klik Dialer yg telah diabuat-;Properties-;Tab

securities-;Advance settings-;settings-;centang pada PAP unencrypted
password, yang lainnya tidak dicentang-;OK

5. Koneksi siap digunakan.

Add to Technorati FavoritesInfogue.comBlog Flux Pinger - reliable ping service.

Masih bingung juga? Tanya kami (telp/sms 0815-8693-1974, YM: apps_nok).

Perlu Bluetooth atau Kabel data atau content Ponsel/Mesin Ringtone ? Klik Galeri Produk kami.





Tidak ada komentar: